PENGANTAR TEKNOLOGI GAME



ANALISIS GAME ONLINE AGAR.IO


Agar.io adalah game berbasis web yang dikembangkan oleh miniclip. Game ini sangat sederhana, tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Pengembang game ini memberi nama ‘agar’ yang diambil dari nama zat yang terkandung dalam dinding sel Algae atau ganggang.



Di game ini, kamu akan bermain sebagai Agar atau lebih dikenal dengan bakteri. Cara bermainnya sangat sederhana, kamu hanya berusaha untuk memakan sel yang lebih kecil dan menghindari dimakan oleh sel yang lebih besar dari kamu. Semakin banyak kamu memakan sel, maka sel kamu pun semakin besar. Kelebihan: Menurut saya, game ini sangat seru karena lumayan sulit untuk menghindari sel kita dimakan oleh sel yang lebih besar. Dan game ini pun berbasis online, jadi kita bisa bermain dengan puluhan bahkan ratusan user yang berasal dari berbagai negara. Kelemahannya: walaupun game agar.io ini terbilang game baru tapi kecurangan (cheat) dalam permainan ini sudah mudah diakses dimana saja.


Cara bermain:

1.      Jika Masih Tahap Sel Kecil <Score Antara 1-99>: 

a.       Mulailah permainan dengan memakan food atau makanan yang tersedia dan sebisa mungkin hindari sel-sel yang lebih besar dari sel kamu. Jika sel besar yang mengejarmu bersembunyilah di bawah virus karena virus dapat memecah bagian tubuh sel yang lebih besar. Perhatian: Jika ada sel yang terkena virus dan sel tersebut terpecah menjadi beberapa bagian segeralah memakan bagian sel yang terpecah dan mulailah mengganas

2.      Pada Saat Sel Sudah Mulai Besar (Berukuran Sedang) <Score Antara 100-599>:

a.       Mulailah memangsa sel-sel yang berukuran kecil
b.      Cobalah Memakai Tehnik Split karena sel yang kamu miliki sudah cukup lambat untuk memangsa sel-sel kecil. Berikut Tekhnik split :
Split Adalah Cara Yang Ampuh Untuk Memangsa Lawan. Cara Mensplit:
1. Mulailah mendekati sel yang ingin kamu makan
2. Pastikan terlebih dahulu jika kamu men-split, anggota badan sel kamu yang Split berukuran lebih besar dari sel yang diincar untuk memakan target. Jika anggota badan sel yang kamu split lebih kecil malah target yang akan memakan sel milikmu.
3. Jika Sudah Pas Maka Kamu arahkan selmu ke sel target yang ingin kamu mangsa dan tekan tombol split di layar Android kamu
Perhatian : pada ukuran sel sedang ini, kamu tidak dapat bersembunyi dibalik virus lagi karena sel mu akan terpecah belah karena terkena virus

3.      Pada Saat Ukuran Besar<Score antara 600-1000>:

a.       Hindarilah Virus-Virus.
b.      Gunakan split technique.
c.       Larilah Jika menjadi incaran sel yang lebih besar darimu dengan eject mass [Eject Mass Technique] Eject mass digunakan ketika kamu sudah terdesak dikejar sel yang lebih besar.
Cara Kabur:
1.      Pada Saat Kita Dikejar Sel Yang Lebih Besar Biasanya Sel Tersebut Menggunakan Cara Split. Untuk Kabur Dari Tehnik Split Tersebut Kita Memerlukan Kecepatan ,Jika Kita Masih Dalam Tahap Sel Kecil Geraknnya lebih cepat Bukan? dengan begitu kita harus mengurangi beban kita dengan eject mass.
2.      Beban yang kita buang adalah Sebagai Berikut: Massa potongan dikeluarkan hanya 80 % dari massa hilang oleh eject mass, sehingga sel-sel yang memakannya mendapatkan 12 massa, Maka jika: 16 x 0,8 = 12,8, desimal terpotong.
3.      Jika Sudah Kabur Kita sudah bebas Lagi tapi kita menjadi lebih kecil dari sebelumya, Ini lebih baik daripada dimakan oleh sel yang lebih besar dan mengulangi lagi dari awal

4.      Pada Saat Ukuran Sangat Besar<Score" >4000">:

a.       Dominasilah Map dan makanlah sel yang lebih kecil darimu sel yang harus kamu incar <Ukurannya antara 100-3321>
b.      Hindari virus-virus
c.       Hindari Sel yang lebih besar sedikit darimu.
Algoritma yang diterapkan pada permainan ini adalah Algoritma greedy. Algoritma greedy merupakan metode yang paling popular untuk memecahkan persoalan optimisasi. Prinsip utama dari algoritma greedy adalah “ take what you can get now! ” dengan cara membentuk solusi langkah perlangkah (step by step). Pada setiap langkahnya, algoritma greedy mengambil keputusan berdasarkan nilai terbaik (minimasi dan maksimasi) tanpa mengambil konsekuensi langkah dan pilihan di depan (langkah selanjutnya).
Elemen-elemen algoritma greedy:
1.      Himpunan kandidat.
2.      Himpunan solusi.
3.      Fungsi seleksi (selection function).
4.      Fungsi kelayakan (feasible).
5.      Fungsi obyektif.
Referensi:

Comments